9 pagi - 5 sore

Senin - Jum'at

Finroll Building

Kwitang Raya No. 1, 10420

+62 (21) 3193-5519

hello@iloveproperty.id

I Love Property
Semua lebih mudah di App
Unduh Sekarang
Buka

Bandingkan daftar

6 Cara Untuk Merawat AC di Rumah dan Tahan Lama

6 Cara Untuk Merawat AC di Rumah dan Tahan Lama

Hampir semua orang menginginkan rumahnya atau ruanganya adem atau dingin agar penghuninya tidak gelisah karena panan ruangannya, sehingga aktivitas kita tidak terganggu. Indonesia yang beriklim tropis suhu udara panas sudah biasa, dengan adanya AC dirumah atau ruangan bisa membuat udara adem, tapi penggunaannya jangan sembarangan dan harus di rawat agar tidak mudah rusak. Ada beberapa cara untuk merawat AC di rumah kita.

( Baca Juga : Agar Rumah Baru Terasa Nyaman, Jangan Lupa Lakukan 9 Hal Ini )

Untuk Indonesia yang beriklim tropis, sudah biasa suhu udaranya panas. Tapi, kita bisa membuat rumah jadi ‘adem’ dengan menggunakan air conditioner (AC). Namun, penggunaan yang serampangan bisa bikin alat pendingin ini cepat rusak. Akibatny akan menambah pengeluaran keluarga. Maka itu, AC harus dirawat agar tidak mudah rusak. Berikut beberapa 6 cara untuk merawat AC di rumah dan tahan lama :

1. Apabila Anda mau bepergian jangan lupa mematikan AC, karena kalau AC tidak dimatikan, akan membuat tagihan listrik akan  membengkak.

2. Ada baiknya menghindari pengaturan suhu yang terlalu rendah. Suhu yang diatur di bawah 22 derajat akan membuat AC bekerja terlalu keras. Aturlah AC pada suhu ruang, yaitu sekitar 24 atau 25 derajat.

3.  Apabila AC mati secara tidak disengaja,  karena panel listrik turun atau karena remote AC terpijit tidak sengaja, sebaiknya jangan langsung nyalakan AC kembali. Tunggulah beberapa saat baru kemudian hidupkan kembali.

4. Selalulah perhatikan ruangan pemempatan AC. Banyaknya bukaan jendela dan suhu lingkungan luar ruangan dapat berpengaruh terhadap awetnya AC. Suhu yang diatur pada AC haruslah tidak jauh berbeda dengan suhu di luar ruangan.

5.  Melakukan pemeriksaan kondensator. Pastikan kondensor yang terletak di luar ruangan haruslah bebas dari debu, semak belukar, dan dedaunan dan kalau membersihkan kondesator, matikan dulu AC di dalam ruangan. Membersihkan kondensator dari debu bisa dengan menggunakan vacuum cleaner.

6. Periksalah komponen saringan (filter) udara AC sebulan sekali. Penyaring udara yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat berkumpulnya kuman, bakteri, maupun jamur. Jika bakteri tersebut mengalir ke bagian evaporator coil, bakteri akan menyebar kembali ke seluruh ruangan. Komponen AC yang kotor dapat memengaruhi kinerja sistem pendingin menjadi lebih berat, Anda ingin selalu AC memberikan yang dingin dengan maksimal dan tidak boros…silahkan baca dan lakukan 6 hal tersebut yang diatas .

 

Pos terkait

Intip Yuk Tips-tips Sebelum Membeli Dan Memasang Lampu Meja

Tips inilah yang perlu anda perhatikan sebelum membeli dan memasang lampu meja. Lampu meja ini...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Ini Dia Cara Membersihkan Lantai Agar Tetap Mengkilap

Menyapu atau mengepel lantai ubin merupakan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan oleh...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Kenali Yuk 5 Jenis Sertifikat Properti Yang Harus Anda Punya

Sertifikat Properti - Apabila Anda memiliki atau hendak membeli properti, kelengkapan dokumen...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Bergabunglah dengan Diskusi