9 pagi - 5 sore

Senin - Jum'at

Finroll Building

Kwitang Raya No. 1, 10420

+62 (21) 3193-5519

hello@iloveproperty.id

I Love Property
Semua lebih mudah di App
Unduh Sekarang
Buka

Bandingkan daftar

3 Desain Rumah Kekinian

3 Desain Rumah Kekinian

Perkembangan bisnis properti yang terus mengalami peningkatan, juga mempengaruhi perubahan trend desain rumah yang ada di kalangan masyarakat. Bisnis properti memang menjadi rujukan dalam hal desain rumah, pemilihan material bangunan dan segala hal yang berkaitan dengan pembangunan rumah. Perkembangan bisnis properti yang begitu pesat ini membuat trend bangunan rumah tahun lalu belum tentu akan menjadi trend juga tahun ini. Berbicara mengenai trend di dunia properti, sama halnya berbicara masalah fashion khususnya di kalangan kaum hawa. Setiap tahun akan mengalami perubahan trend. Sebenarnya, trend yang terjadi baik di dunia properti ataupun fashion hanya berputar pada beberapa model saja. Hanya saja ada beberapa penyesuaian sehingga model rumah tersebut terkesan baru dan lebih modern. Padahal jika dilihat secara seksama, model bangunannya hanya mengalami beberapa perubahan saja. Berikut adalah 3 desain rumah kekinian.

Untuk Anda yang sedang memiliki rencana membangun rumah, memilih desain rumah sudah pasti perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Setiap orang pasti memiliki angan-angan bagaimana desain rumah yang mereka inginkan. Kadang kala desain rumah yang kita inginkan kemarin, bisa berubah saat ini juga setelah melihat desain rumah yang Anda lihat sepulang dari tempat kerja. Hal ini wajar saja terjadi karena semua desain rumah pasti memiliki nilai seni sehingga menarik perhatian banyak orang.

Sebagai rumah idaman, tentunya Anda tidak ingin salah memilih desain rumah. Desain rumah sifatnya permanen sehingga tidak mungkin akan diubah karena Anda menyukai desain rumah yang Anda lihat ketika pergi ke suatu tempat. Oleh karena itu mengenali beberapa contoh desain rumah bisa mempermudah Anda dalam menentukan desain rumah seperti apa yang Anda dan keluarga inginkan.

Roll123 sudah merangkum model rumah yang saat ini banyak disukai masyarakat setidaknya ada tiga model desain rumah. Ketiga desain rumah itu adalah:

Desain Rumah Klasik

Masih ingat dengan model rumah zaman dahulu? Model rumah ini sangat mudah kita temui di daerah pedesaan terutama yang masih memegang teguh sebuah budaya. Khususnya di pulau Jawa, ada rumah joglo yang dulunya dimiliki oleh orang-orang kaya karena bentuk rumahnya yang cukup besar dengan kayu-kayu pilihan sebagai tiang dan atapnya. Desain rumah seperti ini hingga kini masih banyak orang sukai. Tidak heran jika rumah joglo yang dibuat di zaman dulu harganya cukup mahal, yakni berkisar antar 100 hingga 200 juta. Harga rumah joglo ini akan semakin mahal jika usia rumah semakin tua. Berbeda dengan benda lainnya, semakin tua usia kayu maka akan semakin kuat pula kayu tersebut.

Selain rumah joglo, desain rumah klasik juga bisa berupa rumah limasan yang juga mudah ditemui di kawasan pedesaan. Rumah limasan ini merupakan rumah yang paling banyak digunakan oleh penduduk desa. Rumah limasan tersebut kini bisa mewakili desain rumah klasik karena menghadirkan suasana pedesaan di zaman dahulu. Hanya saja jika dulu masih menggunakan anyaman bamboo sebagai dindingnya, kini sudah diganti dengan temnok beton. Meskipun sudah diganti dengan tembok beton, suasana pedesaan akan sangat terasa, apalagi jika Anda memiliki lahan luas untuk dijadikan sebagai halaman yang dapat ditanami pohon-pohon buah. Suasana pedesaan akan sanga terasa dengan penambahan taman dan pohon buah ini. (Baca juga: Konsep Rumah Generasi Milenial)

Kelebihan dari desain rumah klasik adalah Suasana rumah yang tampak asri dan menenangkan. Jangan heran jika rumah Anda akhirnya menjadi tempat untuk pemotretan prewedding karena bangunannya yang indah dan menonjolkan suasana yang tenang dan damai. Teman dan saudara pun akan senang berkunjung bahkan berlama-lama di rumah Anda karena suasana nyaman ini.

Tapi dalam membangun rumah model klasik ini, biaya yang harus Anda siapkan lumayan banyak. Biaya ini meliputi pembelian tanah yang cukup luas, mengingat bangunan rumah klasik tidaklah kecil, serta ornament yang Anda butuhkan berharga fantastis. Tapi biaya yang Anda keluarkan sepadan dengan hasil yang akan Anda dapatkan.

Desain Rumah Modern

Desain rumah modern bisa menjadi pilihan jika Anda tinggal di kawasan perkotaan apalagi di kawasan elit. Model rumah modern ini menggabungkan antara bentuk rumah yang memberi kesan elegan, serta penggunaan barang-barang masa kini sebagai pelengkapnya. TV plasma berukuran besar serta berbagai perangkat modern menghiasi rumah dengan konsep modern. Dapr sebagai tempat memasak juga tak luput dari sentuhan teknologi. Kompor yang digunakan bukan lagi memanfaatkan gas sebagai bahan bakar, melainkan menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Sentuhan teknologi akan membuat rumah Anda memberi kesan modern dan terlihat begitu menarik.

Kelebihan dari desain rumah modern, rumah akan memancarkan aura masa kini dengan sentuhan teknologi yang memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tentunya untuk mendapatkan semua ini, biaya yang harus Anda siapkan sama banyaknya dengan biaya membangun rumah klasik. Bahkan bisa lebih mahal sesuai dengan luas bangunan dan berapa lantai rumah tersebut.

Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis datang sebagai solusi untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya banyak tapi tetap ingin memiliki rumah dengan desain menarik. Pada awalnya, desain rumah minimalis tercipta karena semakin sempitnya lahan khususnya yang ada di kawasan perkotaan. Lahan sempit ini dimaksimalkan luas lahannya untuk membangun rumah. Bangunan rumahnya tentu kecil sesuai dengan luas tanahnya. Tapi Anda tidak akan merasakan ruangan yang ada di dalamnya begitu sempit. Dengan penataan yang baik, maka kesan sempit akan terhapus dan Anda akan merasa ruangan ini cukup luas. (Baca juga: Tips Unik Mengecat Tembok Rumah)

Ruangan terkesan luas terjadi karena sedikitnya barang yang ada di dalamnya. Almari buku bisa diganti dengan rak yang menempel di tembok. Tv yang biasanya memerlukan ruang yang luas, diubah dengan tv layar datar yang dapat ditempel di tembok. Pemilihan warna tembok juga membuat suasana ruangan menjadi tampak lebih luas. Sehingga membuat penghuninya tetap merasa nyaman meskipun bangunan rumah tidak terlalu luas.

Keuntungan dalam memilih desain rumah minimalis adalah kita tidak perlu menyiapkan biaya yang cukup banyak. Bangunan yang tidak terlalu besar serta luas tanah yang tidak seberapa membuat Anda akan menghemat pengeluaran baik dalam membeli tanah maupun menghemat biaya kebutuhan bahan bangunan. Anda juga akan mendapatkan rumah dengan desain menarik dan memberikan kesan luas padahal rumah tersebut tidak memiliki banyak ruang.

Desain rumah minimalis ini hanya cocok untuk Anda yang baru membangun rumah tangga atau keluarga kecil. Luas lahan yang ada membuat rumah hanya memiliki beberapa ruangan. Tentunya akan membuat Anda tidak nyaman jika Anda memiliki anggota keluarga yang tidak sedikit. Sempitnya luas bangunan juga membuat Anda kesusahan ketika mengadakan acara kumpul bersama keluarga besar atau teman-teman Anda. Sempitnya ruangan akan membuat gerak Anda terbatas sehingga mengurangi kebahagiaan Anda berkumpul bersama keluarga dan teman terdekat.

Itulah tiga contoh desain rumah masa kini. Sesuaikan desain rumah yang Anda inginkan dengan budget dan lahan yang Anda miliki. (Baca juga: Menentukan Warna dan Desain Kamar Tidur)

Pos terkait

Gelar Agent Gathering, Bumi Sumber Swarna Pasarkan Perumahan Subsidi Bumi Ketos Regency

Bumi Ketos Regency - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Kementerian PUPR Optimis Program 1 Juta Rumah Akan Selesai Tahun Ini

Kementerian PUPR optimis program 1 juta rumah bakal tercapai di tahun ini. Hingga 10 September...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Deltamas Kokohkan Posisinya Sebagai Pemimpin Penjualan Kawasan Industri

Pengembang kawasan industri terpadu Kota Deltamas, terus mengokohkan posisinya sebagai pemimpin...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Bergabunglah dengan Diskusi