9 pagi - 5 sore

Senin - Jum'at

Finroll Building

Kwitang Raya No. 1, 10420

+62 (21) 3193-5519

hello@iloveproperty.id

I Love Property
Semua lebih mudah di App
Unduh Sekarang
Buka

Bandingkan daftar

5 Tips Investasi Apartemen Yang Menguntungkan

Gaya hidup modern bisa membuat sebagian besar orang memilih untuk tinggal di apartemen apalagi lokasinya sangat strategis untuk dihuni di tengah perkotaan. Anda juga sependapat? Kalau begitu, Anda harus pandai memilih apartemen yang memiliki nilai investasi. Berikut lima tips investasi apartemen yang pasti membuat Anda untung:

1. Pilih Lokasi Apartemen

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika membeli unit apartemen adalah lokasi. Sebenarnya tidak hanya apartemen, lokasi pun menjadi pertimbangan utama ketika membeli jenis hunian lainnya. Kenapa? Sebuah lokasi nantinya akan berdampak panjang untuk berinvestasi.

Apabila apartemen memang diproyeksikan untuk bahan investasi, sebaiknya pilihlah lokasi premium yang strategis. Maksudnya, apartemen tersebut berada di kawasan yang dekat dengan fasilitas umum, pusat bisnis, dan kawasan penting lainnya.

Lokasi sangat strategis tentunya berpotensi memiliki wilayah yang akan cepat berkembang. Dengan demikian, akan dipastikan harga unit apartemen akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Semakin berkembang dan strategis, maka harga jual dan sewa apartemen pun akan semakin mahal.

2. Pastikan Fasilitas Apartemen

Setelah lokasi, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah fasilitas dari apartemen yang akan dibeli. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola apartemen biasanya terdiri dari adanya minimarket dan beragam sarana kebugaran.

Lengkapnya fasilitas yang ada di apartemen dapat menjadi daya tarik bagi siapapun untuk menyewa bahkan membelinya. Sebagai pembeli, fasilitas yang lengkap pun akan menunjang aktivitas sehari-hari. Anda pun tidak perlu keluar dari apartemen hanya untuk mendapatkan fasilitas lain. (Baca juga: Hal Yang Diperhatikan Saat Menjual Apartment)

Fasilitas yang tidak boleh terlupakan ketika membeli unit apartemen adalah keamanannya yang terdiri dari adanya petugas dan kamera CCTV. Dengan demikian, akan memberikan rasa aman bagi yang tinggal di dalamnya. Apabila apartemen disewakan pun akan meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan.

3. Status Tanah Harus Aman

Mendengar namanya saja mungkin akan terasa membingungkan, namun hal ini sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai membeli properti yang masih dalam kasus sengketa atau ada di atas lahan sewa. Dalam hal ini, mintalah bantuan notaris untuk melakukan pengecekan sebelum transaksi dilakukan.

Apabila pengecekan status tanah tidak dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa apartemen yang dibeli akan bermasalah di kemudian hari. Jika hal ini terjadi, tentunya apartemen tersebut tidak akan memiliki nilai investasi dan bahkan Anda pun akan sangat dirugikan.

4. Perhatikan Pengembang dan Pengelola

Sebaiknya pilihlah apartemen yang dibangun oleh pengembang terpercaya dan memiliki nama baik dalam dunia properti. Pengembang seperti ini tentu sudah sangat mengerti apa kebutuhan dari para konsumennya, sehingga akan memberikan yang terbaik.

Tidak cukup sampai di situ, sebaiknya cari tahu juga dari mana pihak pengembang mendapatkan dana. Biasanya dana ini berasal dari modal sendiri atau pinjaman bank. Pilihlah pengembang yang menggunakan modal sendiri karena tentunya risiko apartemen tersebut disita akan lebih kecil.

Setelah memastikan pengembang yang bagus, selanjutnya cari tahu pengelola dari apartemen tersebut. Pastikan reputasinya baik dan memiliki jaringan internasional karena akan ada jaminan kesuksesan dalam menaikkan harga investasi dari apartemen tersebut. (Baca juga: Tips Praktis Desain Interior Hexaliving)

5. Beli Sedini Mungkin

Waktu pembelian apartemen sangatlah penting untuk diperhatikan karena harga penjualan pada awal pemasaran tentunya lebih murah. Akan lebih baik jika membeli apartemen ketika belum selesai dibangun. Istilahnya, belilah ketika masih periode pre-launch alias masa sebelum launching.

Harga ketika sudah launching akan jauh lebih mahal dan perbedaannya bisa mencapai angka puluhan juta rupiah. Meskipun menguntungkan, pastikan juga bahwa hasilnya tidak akan mengecewakan. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih apartemen yang dikelola oleh pihak terpercaya.

 

Pos terkait

Jakarta Pusat Adalah Tempat Favorite Untuk Mendapatkan Apartemen

Pengembang Capital Group, yang membangun apartemen Capitol Suites, menyatakan bahwa area yang...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Investasi Real Estate Di Singapora Meningkat Pada Kuartal II/2018

Berangkat dari kondisi kuartal I yang kondusif, pasar investasi real estate di Singapura meningkat...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Vasanta Group Berkolaborasi Dengan Investor Asal Korea Kembangkan Proyek Vasanta Innopark

Vasanta Group akan bekerjasama dengan investor asal Korea Selatan, Lotte E&C untuk...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Bergabunglah dengan Diskusi