Cara Artikel Marketing Menambah Trafik Pengunjung

iloveproperty.id_Artikel Marketing

iloveproperty.id_Artikel Marketing

Cara Artikel Marketing Menambah Trafik Pengunjung – Dalam dunia marketing terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan strategi content marketing. Content marketing sendiri yaitu strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi customer. Jangan lupa, memaksimalkan keberadaan media sosial untuk melengkapi strategi konten marketing Anda dan membuat artikel marketing dalam situs web atau blog.
Jadi ada 2 tujuan dari content marketing:

1.Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda.
2.Mendorong (mengajak) mereka untuk menjadi kustomer.

Strategi content marketing Anda bisa sekaligus melakukan riset pasar untuk menemukan minat, target demografi serta data lain yang Anda butuhkan.
Manfaatkan tools analitik yang ada seperti Google Analytics atau survey via email marketing, dan sebagainya untuk mendapatkan insight dari audiens tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh audiens tersebut dengan menciptakan produk sebagai solusi, yang berkemungkinan untuk menghasilkan tingkat konversi yang luar biasa. Jangan lupa, memaksimalkan keberadaan media sosial untuk melengkapi strategi konten marketing Anda dan membuat artikel marketing dalam situs web atau blog.

Apa pentingnya sebuah artikel marketing? Jawabannya adalah sangat penting. melalui pembuatan artikel dalam situs web atau blog untuk menarik lebih banyak pengunjung dan mengenal produk/brand Anda lebih dalam. Strategi ini biasa disebut juga sebagai artikel marketing. Artikel marketing merupakan jenis iklan atau konten promosi yang berupa artikel pendek yang diterbitkan perusahaan kepada pihak tertentu dan bertujuan supaya dibaca konsumen. Perusahaan bisa menerbitkannya kepada beberapa media seperti website, forum, atau metode konvensional seperti buletin.

Tidak semua artikel marketing dapat populer dan diterima oleh pelanggan. Hal ini tergantung dari konten yang Anda sampaikan di dalamnya sekaligus cara penyampaian yang digunakan. Nah, agar artikel marketing yang Anda produksi populer di kalangan pembaca dan menarik minat mereka untuk membacanya hingga tuntas.

Maka Anda harus membuat artikel yang berkualitas dengan mengikut tips dari kami berikut ini :

1. Fokus pada niche atau topik yang dibahas

Niche atau topik dalam dunia penulisan artikel di website menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Topik tulisan Anda harus relevan atau berkaitan dengan tema dari blog/website tersebut.
Sebagai contoh, Anda memiliki website yang khusus membahas tentang kuliner. Kemudian, Anda memiliki bisnis di bidang otomotif. Tentu jika Anda ingin menggunakan blog tersebut sebagai sarana promosi bisnis otomotif Anda tidak akan cocok. Selain karena kategorinya saja sudah beda, target market atau pembacanya juga tidak berkaitan.
Maka dari itu, gunakanlah website dengan niche yang sama atau relevan dengan bisnis Anda. Jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, carilah website yang membahas kuliner pula. Begitu pun jika bisnis Anda bergerak di bidang otomotif, carilah website yang erat kaitannya dengan dunia otomotif. Atau lebih baik Anda menciptakan sendiri situs web khusus untuk bisnis Anda agar terlihat lebih profesional.

2. Buatlah artikel yang jelas penyampaiannya

Berapa pun panjang artikel yang Anda gunakan sebenarnya tidak ada masalah. Hanya saja dengan minat baca orang Indonesia yang tergolong cukup rendah, sebaiknya Anda memproduksi artikel dengan panjang 300 sampai 1000 kata saja. Lebih dari itu, orang-orang biasanya akan malas menyelesaikan bacaannya dengan tuntas.
Kemudian jangan membuat artikel dengan cara penyampaian yang rumit untuk dipahami. Bagaimana pun gunakanlah kalimat yang efektif dan mudah dibaca. Jangan bertele-tele dan terkesan banyak basa-basi.

3. Kenali kebutuhan calon konsumen

Memahami kebutuhan calon konsumen menjadi salah satu tugas bagi para pelaku usaha. Dengan mengetahui apa yang mereka butuhkan, Anda pun bisa menyediakannya agar dapat meningkatkan profit dalam bisnis. Begitu pun saat Anda akan menggunakan artikel marketing dalam metode pemasaran. Kenali dulu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pembaca artikel Anda. Apakah informasi yang edukatif, sekadar informasi terkait produk Anda atau justru malah keduanya?

4. Lakukan riset pada kata kunci yang akan digunakan

Untuk menulis artikel yang berkualitas, Anda harus melakukan riset keyword atau kata kunci terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan alat seperti Google Analytics untuk memudahkan Anda dalam melakukan riset kata kunci. Dari sini Anda bisa mengetahui kata kunci apa saja yang banyak dicari dan berkaitan dengan bisnis Anda. Kemudian seberapa ketat persaingan dalam mesin pencari pun juga bisa Anda ukur. Penggunaan kata kunci yang tepat akan memikat lebih banyak minat pengunjung untuk membaca artikel yang Anda buat.

5. Perhatikan kualitas artikel yang diproduksi

Banyaknya artikel yang Anda buat tidak ada gunanya jika tidak berkualitas. Maka dari itu penting untuk mempertahankan kualitas penulisan Anda secara konsisten atau bahkan meningkatkannya dari waktu ke waktu. Harapannya agar pengunjung pun nyaman dan tidak bosan membaca artikel yang Anda sajikan untuk mereka.
Periksa kembali kesalahan penulisan atau ejaan hingga penggunaan kalimat yang efektif. Jangan sampai pembaca pergi begitu saja hanya karena tulisan Anda sulit untuk dipahami dan bertele-tele.

6. Produksi artikel secara konsisten

Konsistensi menjadi kunci utama dalam mencapai sebuah kesuksesan. Sama halnya ketika Anda menggunakan strategi artikel marketing. Diperlukan konsistensi tinggi untuk memproduksi artikel berkualitas secara berkala. Misalnya, Anda membuat 3 artikel dalam seminggu. Maka pertahankanlah ritme produksi artikel Anda tersebut. Jangan sampai suatu saat nanti tiba-tiba Anda tidak mempublikasikan 1 artikel pun dalam seminggu. Karena ini dapat merusak citra website atau blog Anda di mata mesin pencari seperti Google.

7. Promosikan artikel ke media yang tepat

Ada begitu banyak sosial media yang bisa Anda gunakan sebagai platform untuk berbagi hasil tulisan Anda. Seperti Facebook, Twitter bahkan hingga Instagram sekali pun. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan platform blogging atau forum terbuka seperti Medium dan Kompasiana. Dengan demikian, artikel Anda pun akan memiliki peluang lebih banyak dibaca oleh orang.

Artikel marketing lebih efektif dengan disebarkan melalui website, terutama dengan traffic yang tinggi. Terlebih jika bisnis yang Anda jalankan memiliki situs web resmi. Sehingga selain dapat menggunakan artikel sebagai media pemasaran, Anda juga dapat menggunakan website tersebut sebagai platform pendukung efektivitas marketing. Jika Anda ingin mempublikasikan artikel ke blog atau situs web dengan trafik tinggi, biasanya akan dikenai biaya guest post. Namun demikian, Anda juga bisa menggunakan cara yang gratis tanpa harus membayar sepeser pun. Misalnya dengan bertukar artikel untuk dipublikasikan pada blog masing-masing dengan saling memasang backlink.

Nah, semakin banyak orang yang membaca artikel tersebut, maka semakin besar juga peluang terjadi konversi ke pembelian. Tak hanya itu, artikel marketing ini juga efektif dalam meningkatkan brand awareness sebuah produk. So, masih ragu untuk menggunakan strategi pemasaran yang satu ini?
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika Anda memiliki website khusus untuk bisnis atau brand Anda. Maka strategi artikel marketing ini terbilang cukup efektif dan layak untuk dicoba. Anda hanya perlu membuat artikel berkualitas secara rutin dan berkala yang nantinya akan menarik lebih banyak visitor untuk berkunjung ke situs Anda.

Nah, jika Anda tertarik untuk memulainya, maka bisa dengan memahami beberapa hal berikut ini terlebih dahulu :

1. Menggunakan backlink

Jika Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan pemilik blog atau website lain. Maka penting untuk mengetahui istilah backlink dalam hal ini.
Backlink merupakan sebuah teks yang berisi tautan dan mengarah ke website kita. Artinya, saat Anda tengah melakukan guest post atau saling bertukar artikel dengan pemilik website lain. Maka wajib menggunakan tautan ini untuk dipasang dalam artikel. Sehingga nantinya, pengunjung yang membaca artikel tersebut juga dapat mengunjungi website Anda dengan mudah.

2. Gunakan email newsletter

Email newsletter sudah bukan hal yang asing lagi di era digital seperti saat ini. Dengan menggunakan newsletter ini, setiap ada artikel baru dalam blog atau website, Anda dapat mengirimkan notifikasi atau memberitahukannya pada calon konsumen.
Jika artikel yang dikirim bermanfaat dan berkualitas dalam newsletter tersebut, mungkin saja akan dibagi ke ribuan pelanggan dan bisa jadi populer. Hal ini tentu akan meningkatkan traffic website Anda terutama ketika mereka melakukan klik pada email newsletter tersebut.

3. Memaksimalkan optimasi SEO

Mesin pencari seperti Google yang sering kita digunakan memiliki algoritma atau rumus cara kerjanya tersendiri. Nah, jika Anda menginginkan artikel yang ditulis berada di halaman pencarian pertama atau di peringkat tertinggi, maka perlu memperhatikan penerapan optimasi SEO ini. Dengan memperhatikan keyword yang digunakan, struktur artikel, penempatan internal dan outbound link dan masih banyak lagi kriteria yang harus Anda penuhi agar artikel yang ditulis cukup ramah dengan SEO.
Ketika artikel Anda berada di halaman pencarian pertama, maka peluang semakin banyak orang mengunjungi website Anda dan membaca artikelnya pun semakin besar. Tentunya hal ini akan berdampak pada brand awareness sekaligus hasil penjualan produk Anda.

4. Meningkatkan brand awareness produk

Orang-orang yang datang ke website Anda dan membaca artikel yang disajikan. Secara tidak langsung mereka sudah mengenali brand maupun produk Anda. Artinya, mereka sudah menyadari eksistensi bisnis Anda tersebut. Sehingga meskipun mereka tidak melakukan pembelian di hari ini, mungkin saja mereka akan membelinya di waktu mendatang atau
Demikianlah informasi dari kami terkait pembahasan artikel Cara Artikel Marketing Menambah Trafik Pengunjung Pengunjung kali ini. Selain menyiapkan strategi marketing yang tepat dan efektif dalam memasarkan produk dari brand Anda, Penting juga untuk menjaga kesehatan finansial dalam perusahaan. Semoga bermanfaat !

Baca juga : Biaya Fit Out Perkantoran Diprediksi Naik

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan