9 pagi - 5 sore

Senin - Jum'at

Finroll Building

Kwitang Raya No. 1, 10420

+62 (21) 3193-5519

hello@iloveproperty.id

I Love Property
Semua lebih mudah di App
Unduh Sekarang
Buka

Bandingkan daftar

Menghias Eksterior Apartemen Dengan Panel Surya

Menghias Eksterior Apartemen Dengan Panel Surya

Jika mendengar kata ‘panel surya’, maka yang terbayang di benak kita adalah sebuah lapisan khusus yang dipasang di atap rumah untuk mengumpulkan cahaya matahari dan diubah menjadi energi.

Energi ini bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, seperti dijadikan sebagai pengganti arus listrik hingga menjadi water heater atau pemanas air. Mengingat banyaknya manfaat panel surya ini, maka tidak jarang masyarakat memasangnya di atap rumah mereka.

Tetapi panel surya juga bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari eksterior rumah, jadi selain untuk menyerap cahaya matahari, panel surya bisa juga menjadi pemanis arsitektur rumah anda. Ide panel surya dijadikan sebagai bagian dari eksterior rumah pertama kalinya di Studio Bernstand, Stockholm, Swedia.

Studio Bernstrand memperkenalkan konsep apartemen dengan panel surya yang dipasangkan di dinding eksterior. Selain jadi pemanis eksterior rumah, fungsi utamanya sebenarnya untuk melindungi bagian dalam rumah dari sinar matahari langsung dan juga menyerap cahayanya untuk diubah menjadi energi. Panel-panel ini dipasangkan pada awning, jendela, serta balkon.

Baca juga: 5 Rumah Dongeng di Kehidupan Nyata

Pemasangan panel pada tempat-tempat tersebut bukannya tanpa alasan. Penempatannya didasarkan pada jumlah maksimum sumber cahaya yang menerpa setiap harinya. Tidak heran jika panel-panel ini ditempatkan pada balkon dan jendela yang secara aktif dikenai sinar matahari. Jenisnya pun disesuaikan dengan mayoritas titik cahaya matahari terkumpul. Dengan begitu, panel-panel surya dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal serta mampu menghalangi sinar matahari secara langsung.roll123-construction-menghias-dinding-apartemen-dengan-panel-surya1

Jika dilihat dari kejauhan, bangunan rumah ini tidak jauh berbeda dengan rumah pada umumnya. Bentuknya sederhana, dengan warna cat cokelat dan kelabu. Warna ini memberi kesan hangat pada apartment saat cuaca sedang dingin. Dengan adanya panel surya dengan warna yang tampak kontras dengan warna cat dindingnya, menambah kesan bold dari eksterior apartemen ini.

Tertarik untuk mengikuti ide ini di hunian Anda? Jangan lupa cari panel surya yang warnanya senada dengan eksterior rumah Anda, ya! Dan jangan lupa juga untuk memperhitungkan biaya pemasangan agar pengeluaran Anda tidak berlebihan nantinya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ingin Rumah Anda Bergaya Ala Jepang? Begini Triknya

Pos terkait

Gelar Agent Gathering, Bumi Sumber Swarna Pasarkan Perumahan Subsidi Bumi Ketos Regency

Bumi Ketos Regency - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Kementerian PUPR Optimis Program 1 Juta Rumah Akan Selesai Tahun Ini

Kementerian PUPR optimis program 1 juta rumah bakal tercapai di tahun ini. Hingga 10 September...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Deltamas Kokohkan Posisinya Sebagai Pemimpin Penjualan Kawasan Industri

Pengembang kawasan industri terpadu Kota Deltamas, terus mengokohkan posisinya sebagai pemimpin...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Bergabunglah dengan Diskusi