Investasi Properti yang paling Menguntungkan

iloveproperty.id_Investasi Properti yang paling Menguntungkan

Investasi Properti yang paling Menguntungkan – Investasi properti merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan. Karena, jenis-jenis investasi properti ternyata beragam dan berpotensi tinggi terus meningkat nilainya dari tahun ke tahun. Makanya tidak heran kalau orang yang terjun ke investasi properti punya banyak uang.

Meskipun menawarkan keuntungan yang besar, nyatanya masih banyak orang yang enggan terjun ke investasi properti karena modal. Tahukah Anda, jika dibandingkan dengan investasi lainnya seperti deposito maupun saham, properti dinilai lebih minim risiko. Contohnya, seperti saat ini banyak harga saham anjlok karena ditekan sentimen negatif virus corona. Hal ini tentunya berbeda dengan harga jual properti yang relatif lebih stabil, bahkan di beberapa wilayah terutama di kawasan yang strategis harga jualnya cenderung naik.

Perlu Anda tahu, Mengapa perlu investasi Properti?   

Banyak Promo Menarik

Guna menjaring pembeli, saat pandemi seperti sekarang ini banyak pengembang yang aktif memberikan promo menarik. Contohnya seperti discount potongan harga, cicilan Down Payment (DP) ringan hingga hadiah langsung. Kondisi ini tentunya bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga rumah yang bersahabat.

Harga Terus Naik

Salah satu alasan investasi properti dinilai lebih menguntungkan karena harga jualnya selalu naik. Hal ini tentunya sangat penting, terutama bagi mereka investor yang mengharapkan keuntungan dari capital gain. Bukannya tanpa alasan kenapa harga jual rumah selalu meningkat, hal tersebut dikarenakan jumlah calon pembeli tidak sebanding dengan ketersediaan rumah, terutama pada daerah strategis seperti di kota besar.

Sama halnya dengan aset riil atau aset keuangan lainnya, properti merupakan sebuah aset yang bisa dijadikan agunan atau jaminan.

Ketika pemilik membutuhkan pinjaman dana demi menjaga ketersediaan aset lancar, maka properti bisa dijadikan jaminannya. Pemilik tidak perlu menjual aset ini untuk memperoleh dana segar, cukup dengan menjaminkan surat kepemilikannya saja pun bisa.

Harga jual aset properti ada di tangan pemiliknya

Harga pasaran properti memang ada, namun harga jual dari sebuah aset properti ada di tangan pemiliknya. Jika pemiliknya ingin cepat laku, maka mereka bisa saja mereka menjualnya di bawah harga pasaran.

Berikut jenis-jenis Investasi Properti yang paling Menguntungkan :

  1. Rumah Kos

Investasi properti pertama yang menguntungkan adalah dengan membuka indekos alias kos-kosan. Pasalnya, kamu akan mendapatkan pendapatan pasif setiap bulan atau untung 5 hingga 7 persen setiap tahunnya.

Untuk bisnis yang satu ini, kamu perlu mencari posisi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan penyewa. Misalnya aja yang dekat dengan kampus atau kantor.

Kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhan calon penyewa, seperti memastikan lokasi, harga dan fasilitas yang ditawarkan. Gak cuma itu aja, kamu bisa memperluas usaha kamu dengan membuka laundrycatering atau warung kecil di kos-kosan itu.

Indekos atau kos-kosan bisa jadi sangat menguntungkan. Jenis investasi ini menutupi biaya lahan Anda melalui uang sewa bulanan atau tahunan dari penyewa rumah kos. Sesuaikan harga dengan lokasi untuk mendapatkan jenis penyewa yang tepat. Jenis-jenis investasi properti dekat perkantoran ataupun kampus memastikan tingkat hunian yang tinggi. Jika ada lahan tambahan Anda bisa membuka usaha penunjang yang sesuai kebutuhan penghuni kos seperti warung atau laundry.

  1. Rumah Kontrakan

Selain kos-kosan, kontrakan juga tetap menjadi keunggulan investasi properti. Mengingat rumah adalah kebutuhan pokok, kamu gak perlu khawatir akan sepi peminat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah lokasi yang strategis seperti dekat dengan keramaian, perkantoran dan lainnya.

Gak jauh berbeda dengan kos-kosan, untuk bisnis kontrakan, kamu umumnya akan mendapatkan keuntungan sebesar 4 hingga 6 persen per tahunnya.

Kamu juga perlu menyiapkan bujet lebih untuk hal-hal yang tak terduga. Misalnya aja seperti penyewa kurang bertanggung jawab. Karena itu, pentingnya kamu lebih selektif memilih calon penyewa biar gak rugi bandar karena banyak barang yang rusak.

Macam-macam investasi properti khususnya rumah sebagai kebutuhan pokok menjadikannya target yang prospektif. Banyak keluarga baru maupun pekerja dari luar kota yang membutuhkan, apalagi jika posisinya strategis, dekat dengan tempat usaha dan keramaian. Jenis-jenis investasi properti seperti ini memungkinkan Anda menyewakan secara tahunan atau beberapa tahun sekaligus yang menjamin kepastian hasil investasi.

  1. Ruko

Anda bisa mendapatkan kenaikan harga sewa rutin dalam investasi seperti ruko atau kios/lapak maupun toko. Jenis-jenis investasi properti ini membagi luas properti sesuai kebutuhan orang yang ingin membuka usaha. Anda juga bisa memilih jenis usaha/tipe penyewa yang sesuai. Selain itu, dengan berkembangnya usaha penyewa maka Anda bisa menaikkan sewa properti untuk tahun-tahun berikutnya dan tidak perlu mencari penyewa baru.

Investasi properti di bidang ruko, kios atau toko juga dapat memberikan keuntungan yang besar lho. Apalagi kalau lokasinya strategis, pasti akan jadi rebutan banyak orang yang ingin membuka usaha.

Namun, jika kamu salah memilih lokasi, maka akan terancam sulit mendapatkan penyewa. Pasalnya, pemilihan lokasi merupakan salah satu poin penting dalam usaha. Jika berjalan lancar, keuntungan yang didapatkan berkisar antara 6 sampai 9 per tahun.

  1. Tanah

Tanah kosong juga merupakan alternatif macam-macam investasi yang menarik. Harga tanah pada umumnya akan naik setiap tahun. Jenis investasi ini bersifat jangka panjang. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya bangunan, maka tanah tersebut bisa disewakan kepada pihak yang tepat untuk menjadikannya tetap produktif.

Investasi yang satu ini juga memberikan berbagai keuntungan seperti minimnya biaya perawatan dan kamu akan mendapatkan untung maksimal jika menjualnya untuk jangka panjang. Jika ingin harga tanahmu cepat naik, pilihlah lokasi yang strategis.

Selain itu, kamu juga tetap bisa memanfaatkan tanah kosong milik kamu itu untuk meraup pundi-pundi kekayaan yaitu dengan menyewakan untuk lahan parkir.

Saat membeli tanah, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti nama pemilik tanah harus sesuai dengan tertera di sertifikat, begitu juga dengan ukuran tanahnya harus sama dengan yang ada di sertifikat.

Jika tanah Anda berada di posisi yang strategis, ada macam-macam investasi pilihan yang memberikan harga sewa menarik:

  • Disewakan untuk Perdagangan dan Usaha Ritel

Anda bisa menyewakan kepada pihak yang sudah terbiasa membuka area perdagangan atau ritel (mall). Jenis kontrak seperti ini sifatnya jangka panjang dan pengelola yang akan membangun di atas tanah kosong Anda.

  • Disewakan untuk Perkantoran/Hotel

Banyak perusahaan yang ekspansi membutuhkan lahan kosong untuk membangun kantor sesuai dengan identitas perusahaan mereka. Biarkan mereka yang mendesain dan membangunnya. Biasanya mereka membutuhkan lahan yang luas karena kebutuhan ruangan-ruangan khusus dan lahan parkir. Saat usaha mereka berkembang maka kemungkinan akan menambah area lahan sewa dari Anda.

Dengan meningkatnya ekonomi dan pariwisata lahan, lahan kosong bisa juga disewakan untuk pembangunan hotel. Persewaan jenis ini biasanya jangka panjang dan menjamin kepastian pengembalian investasi Anda.

  • Disewakan untuk Industri atau Manufaktur

Untuk tanah kosong yang kelihatannya jauh dari keramaian, bisa Anda sewakan untuk sektor industri atau manufaktur. Pastikan saja lahan Anda dekat dengan akses jalan strategis dan ada fasilitas pendukung yang baik seperti listrik, air dan pembuangan limbah yang baik.

  1. Investasi Rumah untuk Keluarga

Jenis-jenis investasi properti yang prospektif adalah rumah hunian untuk keluarga. Seperti rumah kontrakan yang selalu laris, rumah hunian memberikan nilai yang lebih tinggi pada investasi Anda. Seiring mapannya penghasilan keluarga, mereka akan mencari rumah tinggal untuk jangka waktu lebih panjang dengan lokasi yang lebih nyaman dari rumah kontrakan sebelumnya.

Untuk pengembalian investasi yang lebih cepat, pilihlah properti yang dibangun oleh pengembang kredibel yang memberikan fasilitas lengkap dan sesuai dengan target pembeli Anda.

  1. Investasi Apartemen

Para pekerja muda atau kaum milenial menyukai jenis-jenis investasi properti apartemen karena sesuai dengan gaya hidup mereka. Dengan membeli apartemen Anda bisa menyewakan atau menjualnya kembali dengan untung yang lumayan. . Hal itulah yang semakin membuat banyak orang lebih memilih untuk tinggal di apartemen.

Apalagi jika apartemen tersebut berada di lokasi tengah kota atau tempat strategis lainnya dan juga memiliki fasilitas hiburan atau penunjang yang sesuai seperti kolam renang atau pusat kebugaran. Gaya hidup modern minimalis seperti ini memang sedang menjadi tren di kota-kota besar.

Apartemen kini memang tengah menjamur di mana-mana. Hal itu dipengaruhi oleh semakin meningkatnya minat masyarakat untuk tinggal di apartemen, terutama kaum milenial.

Kini juga udah banyak tersedia penyewaaan apartemen dengan bujet murah. Bahkan, ada yang harga sewanya hampir sama dengan kos-kosanUntuk investasi properti yang satu ini, kamu berpotensi akan mendapatkan keuntungan sekitar 7 persen hingga 12 persen per tahunnya.

Meski begitu, buat kamu yang ingin investasi apartemen harus sangat teliti dan butuh modal besar di awal, salah satunya adalah untuk membeli furniture. Selain itu lokasi juga memengaruhi keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Demikian penjelasan mengenai Investasi Properti yang paling Menguntungkan saat ini. Saatnya Anda memutuskan jenis-jenis investasi mana yang lebih cocok untuk Anda. Happy investing! 

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan