9 pagi - 5 sore

Senin - Jum'at

Finroll Building

Kwitang Raya No. 1, 10420

+62 (21) 3193-5519

hello@iloveproperty.id

I Love Property
Semua lebih mudah di App
Unduh Sekarang
Buka

Bandingkan daftar

Kementerian PUPR Bangun Irigasi Premium di NTT

Kementerian PUPR Bangun Irigasi Premium di NTT

Pemerintah melalui program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun dan memperkenalkan program irigasi premium di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Program ini merupakan bagian dari program pembangunan bendungan di seluruh Indonesia.

Menurut Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso, saat ini pendataan tengah dilakukan terhadap bendung, bendungan maupun embung yang sudah jadi namun belum memiliki jaringan irigasi. Pendataan dilakukan untuk mendukung program irigasi premium yang menjadi prioritas Kementerian PUPR.

“Kita data dan akan kita bangun. Sementara untuk program pembangunan 49 bendungan baru, otomatis akan dibangun jaringan irigasinya,” kata Imam dalam keterangan tertulis.

Sebagai contoh, pemanfaatan Bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu sumber air irigasi sawah warga. Bendungan yang tengah dalam proses pengisian ini telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (9/1/2018) lalu.

Imam menambahkan, desain jaringan irigasi dari bendungan ini pun sudah ada. Proses pembangunan jaringan ini akan dimulai tahun ini dengan anggaran Rp 98 miliar dan ditargetkan selesa pada 2019.

“Tahun depan akan berfungsi. Ketika air di Bendungan Raknamo penuh, jaringan irigasinya sudah ada sehingga bisa dipakai untuk mengairi sawah,” kata dia.

Bendungan Raknamo memiliki kapasitas tampung 14 juta meter kubik. Bendungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengairi irigasi seluas 1.250 hektar, sumber air baku 100 liter/detik dan pembangkit listrik 220 Kilowatt, seperti dikutip dari Kompas.

Imam mengatakan, dengan irigasi premium akan meningkatkan produktivitas petani. Sebelum ada bendungan, dalam satu musim tanam, petani hanya dapat menanam padi, setengah palawija dan setengah padi. Sehingga dengan adanya bendungan, petani dapat dua kali menanam padi, satu kali palawija dan setengah padi.

(baca juga: Berkat TOD, Kawasan Cibubur Jadi Buruan)

Pos terkait

Gelar Agent Gathering, Bumi Sumber Swarna Pasarkan Perumahan Subsidi Bumi Ketos Regency

Bumi Ketos Regency - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Kementerian PUPR Optimis Program 1 Juta Rumah Akan Selesai Tahun Ini

Kementerian PUPR optimis program 1 juta rumah bakal tercapai di tahun ini. Hingga 10 September...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Deltamas Kokohkan Posisinya Sebagai Pemimpin Penjualan Kawasan Industri

Pengembang kawasan industri terpadu Kota Deltamas, terus mengokohkan posisinya sebagai pemimpin...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Bergabunglah dengan Diskusi