9 pagi - 5 sore

Senin - Jum'at

Finroll Building

Kwitang Raya No. 1, 10420

+62 (21) 3193-5519

hello@iloveproperty.id

I Love Property
Semua lebih mudah di App
Unduh Sekarang
Buka

Kisaran harga: Dari untuk

Bandingkan daftar

Kavling Jakarta Garden City Lantana – Kode 05122

Jakarta Garden City Lantana Jakarta Timur
Rp5.000.000.000
  • Deskripsi
  • Alamat
  • Rincian
  • fitur

Deskripsi

Dijual Kavling Jakarta Garden City Lantana – Kode 05122

Sertifikat AJB

Dalam membeli sebidang tanah, prosesnya tidak seperti semudah membeli barang elektronik yang hanya melihat fisik dan spesifikasi maka dilakukan pembayaran dengan disertai bukti kwitansi. Pada Tata Cara Jual Beli Tanah, proses  harus lebih teliti dengan memerlukan beberapa tahap agar kemudian terhindar dari kemungkinan terjadinya sengketa kedepannya.

1. Ketahui penyebab jual beli tanah dianggap tidak sah

Dalam membeli sebuah tanah, perlu kita ketahui bahwa tanah yang akan dibeli harus dipastikan tidak sedang dalam sengketa, misalnya masih dalam tanggungan dari pihak tertentu atau tidak sedang dalam penyitaan dari penjamin tanah sebelumnya. Kita juga perlu memeriksa kondisi atau keadaan tanah dengan memeriksa sendiri dan apakah sesuai dengan surat-surat tanah dalam hal ini sertifikat tanah.

 2. Ketahui keadaan tanah

Bila ingin membeli tanah, walau untuk sebuah investasi atau untuk membangun rumah sendiri maka sebaiknya kita perlu mengecek kondisi tanah. Secara fisik kita perlu mengecek ukuran atau luas tanah, batas-batas tanah, bentuk tanah, serta keadaan tanah. Untuk ukuran dan batas perlu dipastikan apakah sesuai dengan keterangan surat tanah dan dengan batas yang sesuai dengan batas tanah orang lain.

3. Periksa surat-surat tanah serta hak pemilik

Setelah melihat tanah, maka kita perlu mencocokkan keadaan fisik tanah terhadap keterangan dari surat kepemilikan atau sertifikat. Hal yang dinilai dapat berupa luas tanah atau ukuran tanah, letak tanah, bentuk tanah serta batas-batas tanah apakah sudah sesuai dengan keadaan fisik atau belum. Selain itu kita perlu memastikan juga nama pemilik hak dalam sertifikat dengan orang yang mengaku sebagai pemilik tanah tersebut sekarang. Jika kita mendapatkan perbedaan nama antara pemilik yang tercatat dalam sertifikat dengan identitas yang saat ini sebagai pemilik tersebut maka tidak ada salahnya kita mengecek atau memastikan kembali. Kita perlu memastikan apakah tanah tersebut milik perorangan atau kelompok orang misalnya warisan keluarga.

4. Pakai jasa Notaris PPAT pada proses jual beli

Dalam proses jual beli tanah, sebaiknya pembeli jangan ragu atau sungkan mengeluarkan dana tambahan untuk menyewa jasa notaris PPAT dalam membantu proses jual beli tanah. Hal ini bertujuan aga dari pihak PPAT dapat mengecek kondisi sertifikat dengan tanah apakah sesuai serta tidak ditemukannya permasalahan pada sertifikat sebagai surat hak milik sebelum proses jual beli. Pihak PPAT bisa mengecek juga keaslian sertifikat tersebut di badan pertanahan untuk menghindari permasalahan atau sengketa pemalsuan sertifikat. Jika sertifikat tidak bermasalah atau aman, maka proses jual beli dapat dilanjutkan.

5. Membuat AJB dan balik nama

Masih memerlukan jasa notaris PPAT, dengan memakai jasa tersebut maka proses jual beli dapat lebih kuat dengan adanya saksi dari PPAT. Selain itu kita bisa membuat surat kuasa atau akta tanah serta meminta dilakukannya balik nama hak pemilik tanah. Segala surat permohonan dapat dibantu dibuat oleh pihak PPAT, sementara untuk jual beli biasanya baik kita maupun pihak penjual diminta untuk menyiapkan berkas surat pembayaran PBB, sertifikat tanah, IMB, serta surat roya jika masih ada tanggungan dari pihak ketiga.

Selain itu kita juga menyiapkan kartu identitas, bukti pembayaran PPh dan BPHTB. Selain itu, tanyakan kepada pihak PPAT, hal apa lagi yang harus dilakukan agar proses jual beli yang dilakukan bisa terjadi secara sah dari segi hukum dan dengan bukti yang kuat.

  • Alamat: Jakarta Garden City Lantana Jakarta Timur
  • Kota: Jakarta Timur
  • Negara bagian / county: DKI Jakarta
  • Lingkungan: Cluster Teresta Metland Menteng
  • Negara: Indonesia

Detail

Diperbarui pada Oktober 25, 2017 di 2:50 pm

  • ID Properti: 16618
  • Harga: Rp5.000.000.000
  • Ukuran Properti: 286 m²
  • Jenis properti: Tanah
  • Status Properti: Dijual

Tampilan Halaman

Info kontak

David Karundeng
David Karundeng
085780571339

Enquire about this property

Jadwalkan Tur

Informasi Anda

Properti serupa


Tidak ada review ( 0 dari 5 )

Menulis review

Login untuk Review
Kavling Lebak Bulus Jakarta Selatan - Kode 05315

PROPERTI SEBELUMNYA

Kavling Lebak Bulus Jakarta Selatan – Kode 05315

PROPERTI NEXT

Rumah Sunter Karya – Kode 05111

Rumah Sunter Karya - Kode 05111