Tips Cermat Memilih Keramik Kamar Mandi

iloveproperty.id_Tips Cermat Memilih Keramik Kamar Mandi

Tips Cermat Memilih Keramik Kamar Mandi – Keramik merupakan salah satu material interior yang paling familiar dan sering digunakan. Salah satu ruang dalam hunian yang termasuk dekat dengan penggunaan keramik adalah kamar mandi. Namun, karena ukuran yang relatif kecil dan sifat ruang yang selalu basah membuat kalian perlu memahami kiat dalam memilih keramik kamar mandi.
Untuk mempermudahmu mewujudkan desain kamar mandi yang sempurna, yuk simak Tips Cermat Memilih Keramik Kamar Mandi berikut :

1. Sesuaikan Ukuran Keramik dengan Luas Ruangan
Ukuran keramik terdiri dari berbagai macam, mulai dari ukuran besar seperti batu alam hingga ukuran kecil yang biasa dipakai untuk membuat pola mosaik.
Jika kamu memiliki kamar mandi yang besar, gunakan keramik berukuran kecil hanya sebagai elemen dekoratif Keramik memiliki banyak sekali pilihan ukuran. Sesuaikan ukuran ini dengan ukuran kamar mandimu.
Untuk kamar mandi berukuran besar, minimalisir penggunaan keramik dengan ukuran terlalu kecil. Jika Toppers menyukai pola keramik kecil, gunakanlah pada sebagian tempat saja sebagai elemen dekoratif. Untuk kamar mandi kecil, penggunaan ukuran keramik lebih bisa eksploratif.
Hanya saja, penggunaan keramik berukuran besar untuk kamar mandi berukuran kecil bisa sangat boros karena akan ada banyak bagian keramik yang terpotong dan terbuang.

2. Bermain Aman dengan Warna Satu Tone
Memilih motif dan warna membutuhkan pertimbangan yang cukup matang. Untuk urusan motif, kamu bisa memilih pola yang sesuai dengan tema kamar mandi yang kamu usung.
Jika kamu menyukai kamar mandi minimalis, hindarilah pola yang terlalu ramai dan berfokus pada detail keramik.
Untuk warna, kamu harus memastikan dahulu apakah kamar mandi tersinari cahaya matahari dengan baik.
Jika tidak, pilihlah warna cernah karena sifatnya yang bisa memantulkan cahaya ke seluruh ruangan.

Bermain dengan warna memang seru. Namun, untuk kamar mandi terkesan elegan, gunakanlah warna-warna keramik yang masih senada meski berbeda. Jika ingin memberikan warna-warna kontras, manfaatkan warna-warna netral seperti putih dan hitam sebagai pasangan untuk menetralkan suasana.

3. Perhatikan Tekstur Keramik
Mencari bahan yang mudah dibersihkan jangan lupa juga untuk memastikan keramik yang kamu beli tahan dari goresan dan warnanya tidak mudah luntur.
Dikarenakan lantai kamar mandi kerap basah dan lembab, tekstur keramik sangat perlu diperhatikan. Keramik dengan permukaan glossy dan licin tentu akan lebih berbahaya karena bisa membuatmu terpeleset.
Pilihlah keramik kamar mandi yang bertekstur kasar sehingga tidak terasa licin meski dalam keadaan basah. Ukuran yang tak terlalu besar juga membantu memberikan efek kasar pada keramik lantai keramik.
Jika masih menginginkan keramik bertekstur licin, gunakan keramik ini pada area kering. Jangan lupa buatlah ruang shower tertutup dengan kaca ataupun shower curtain sehingga air tak terciprat ke atas permukaan keramik lantai kamar mandi yang licin.

Baca juga : 6 Cara Rumah Sejuk Tanpa Listrik

4. Pahami Keramik Lantai dan Dinding Berbeda
Meskipun harus bertekstur kasar, hal ini hanya berlaku pada keramik lantai saja. Pada keramik dinding, Toppers bisa bereksplorasi dengan lebih banyak permainan tekstur. Mulai dari yang licin hingga dove. Untuk keramik dinding bergelombang, perhatikan penempatannya dikarenakan pada keramik bergelombang atau bertekstur pada dinding akan berpengaruh pada penempatan lemari gantung ataupun kaca pembatas. Tentunya, jika terdapat gelombang pemasangan perabot ini jadi tidak akan sempurna.

5. Eksplorasi Pemilihan Bentuk dan Pemasangan Keramik
Jika pada umumnya keramik dipasang bersusun seperti papan catur, kamu bisa bereksplorasi untuk membuat pola lantai kamar mandi agar tampilannya terlihat unik. Misalnya, kamu bisa memasang susunan keramik seperti cara menyusun batu bata pada tembok. Variasi seperti inilah yang akan membuat kamar mandimu terlihat lebih berkarakter.

Meski keramik umumnya berbentuk persegi, kalian bisa bereksplorasi dengan bentuk-bentuk lain seperti persegi panjang atau persegi delapan. Pemasangannya pun bisa diselang-seling. Hal ini akan memberikan variasi sambungan keramik yang lebih baik dan akhirnya memberikan tekstur lantai yang lebih tidak licin.

6. Manfaatkan Keramik Kecil untuk Bidang atau Pola Melengkung
Jika kalian memiliki bagian dinding yang melengkung atau menginginkan pola yang melengkung, manfaatkan keramik-keramik berukuran kecil.
Hal ini akan memberikan potongan pola yang lebih rapi dibandingkan jika memotong langsung dari keramik yang berukuran besar.

7. Jadikan Pilihan Keramik yang Lebih Kontras sebagai Statement Wall
Biasanya dalam memilih keramik kamar mandi, berbeda dengan ruang lainnya, pasti memiliki banyak pilihan.
Dari pilihan-pilihan keramik kamar mandi, pilihlah keramik kamar mandi yang memiliki warna paling kontras untuk dijadikan statement wall sedangkan warna lain yang lebih lembut bisa menjadi warna dominan pada kamar mandi.
Hal ini akan membantu proporsi dalam memilih keramik kamar mandi, sehingga keramik kamar mandi tetap terlihat nyaman meski menggunakan lebih dari satu jenis keramik.

8. Selalu Pertimbangkan Perawatan
Jadi carilah bahan yang mudah dibersihkan. Ketika memilih keramik kamar mandi, selalu pertimbangkan perawatannya. Jika menginginkan keramik berwarna putih bersih, letakkan diarea yang tak terekspos kotoran. Keramik yang terlalu kecil juga akan membuat sambungan nat yang banyak.
Sambungan nat ini akan lebih cepat kotor sehingga jika menggunakan terlalu banyak keramik kecil, artinya akan ada lebih banyak area yang perlu dibersihkan,
Dengan mengikuti tips memilih keramik kamar mandi tersebut, tentunya tampilan kamar mandi dan juga kenyamanannya bisa jadi lebih baik. Jangan lupa, meski penting keramik bukanlah satu-satunya elemen yang harus diperhatikan dalam kamar mandi.

Nah semoga artikel Tips Cermat Memilih Keramik Kamar Mandi di atas membantu kalian yang sedah bingung mendesain kamar mandi.

Baca selanjutnya : Trik Mengubah Interior Plafon Menjadi Cantik

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan