9 pagi - 5 sore

Senin - Jum'at

Finroll Building

Kwitang Raya No. 1, 10420

+62 (21) 3193-5519

hello@iloveproperty.id

I Love Property
Semua lebih mudah di App
Unduh Sekarang
Buka

Bandingkan daftar

Tips Membeli Rumah Bagi Pasangan Baru

Tips Membeli Rumah Bagi Pasangan Baru

Ketika anda merupakan pasangan baru pasti ingin mempunyai rumah untuk keluarga kecilnya. Banyak orang tua menyarankan anak-anaknya yang baru menikah untuk segera memiliki rumah sendiri.

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika pasangan baru ingin memiliki rumah. Dikutip dari portal Lamudi, berikut ini hal yang perlu diperhatikan untuk membeli rumah bagi pasangan baru.

Sumber Keuangan

Apabila Anda punya riwayat pinjaman cukup baik Anda punya kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pinjaman kredit dari perbankan. Dengan gabungan penghasilan suami-istri, Anda bisa memilih rumah lebih besar dengan angsuran lebih tinggi. Jujurlah dengan pasangan terkait sejarah kredit termasuk pinjaman kartu kredit. Sekecil apa pun catatan merah pada rapor pinjaman Anda hal itu akan menjadi kendala mendapatkan pinjaman baru dari bank.

Pinjaman Perseorangan (Single)

Bila pasangan punya riwayat kredit tidak bagus pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman perseorangan (single). Pengajuan kredit dengan nilai rendah punya peluang besar untuk disetujui.

(Baca juga: 7 Tips Membeli Rumah di Perumahan)

Kemitraan

Bila belum menikah tapi ingin mengajukan kredit bersama sebagai persiapan setelah nanti menikah, pertimbangkan untuk membuat perjanjian kemitraan. Perjanjian ini untuk melindungi kedua belah pihak bila hubungan tidak berjalan seperti yang direncanakan. Perjanjian kemitraan harus mencakup aspek legalalitas mengenai kepemilikan, pembayaran cicilan, dan biaya-biaya yang harus dikeluarkan jika terjadi pemisahan.

Lacak Keuangan

Setelah semua syarat berhasil dipenuhi buat sistem yang baik untuk memantau keuangan gabungan. Langkah pertama bisa dibuat anggaran bersama selain langkah-langkah sederhana seperti mengajukan permohonan rekening bersama untuk memudahkan proses pelacakan keuangan. Penting juga untuk selalu meninjau posisi keuangan dan memastikan semuanya masih di jalur yang benar.

 

Pos terkait

Intip Yuk Tips-tips Sebelum Membeli Dan Memasang Lampu Meja

Tips inilah yang perlu anda perhatikan sebelum membeli dan memasang lampu meja. Lampu meja ini...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Ini Dia Cara Membersihkan Lantai Agar Tetap Mengkilap

Menyapu atau mengepel lantai ubin merupakan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan oleh...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Kenali Yuk 5 Jenis Sertifikat Properti Yang Harus Anda Punya

Sertifikat Properti - Apabila Anda memiliki atau hendak membeli properti, kelengkapan dokumen...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Bergabunglah dengan Diskusi