9 pagi - 5 sore

Senin - Jum'at

Finroll Building

Kwitang Raya No. 1, 10420

+62 (21) 3193-5519

hello@iloveproperty.id

I Love Property
Semua lebih mudah di App
Unduh Sekarang
Buka

Bandingkan daftar

Tips Mencari Keuntungan Besar Dari Bisnis Sewa Properti

Tips Mencari Keuntungan Besar Dari Bisnis Sewa Properti

Bisnis sewa properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menggiurkan. Alasannya, tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok. Maka tak heran jika bisnis ini selalu dilirik oleh investor.

Pasalnya, kebutuhan tempat tinggal terutama yang terletak di lokasi strategis kian hari semakin tinggi, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia. Tapi sebelum menyewakan rumah, apartemen atau jenis properti lainnya, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Memang menyewakan properti tidak se-rumit menjual sebuah properti. Menyewakan relatif lebih mudah, tetapi apabila tidak cermat dalam mengelolanya menyewakan properti juga memiliki banyak risiko yang dapat merugikan.

Inilah poin penting yang perlu dipelajari saat memulai bisnis properti:

1. Pilih Jenis Properti Yang Ingin Di Sewakan

Pilihlah jenis properti yang ingin disewakan, mulai dari rumah, apartemen, ruko atau tanah. Pilihlah jenis properti yang diprediksikan dapat membawa keuntungan, misalnya jika Anda ingin memulai bisnis properti yang dekat dengan area kampus, maka jenis properti yang logis untuk dilakukan adalah rumah kosan.

2. Pilih lah Penyewa Jangka Panjang

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memilih penyewa yang siap menghuni rumah Anda dalam jangka waktu lama. Hal ini dimaksudkan untuk menstabilkan omset dan menjaga keamanan finansial Anda.

Lamanya waktu sewa bisa Anda tentukan sesuai keinginan, namun yang ideal adalah satu hingga dua tahun. Berbeda jika Anda menyewakan properti untuk mencari keuntungan, maka sebaiknya tetapkan waktu sewa per bulan.

3. Menyesuaikan Harga Properti Yang Mau Disewakan

Sebelum menyewakan properti Anda, jangan lupa untuk mensurvei harga pasar agar biaya sewa yang ditentukan tidak meleset. Akan tetapi dengan fasilitas lebih, Anda juga bisa menaikkan harga sewa agar tak merugi.

Cermati juga kondisi properti dan faktor lokasi sebagai penentu harga sewa. Sehingga, bila lokasi properti Anda berada di area strategis terlebih merupakan kawasan ekspatriat, Anda bisa menaikkan harga sewa yang lebih tinggi lagi.

Namun jika Anda berani menawarkan fasilitas menarik lainnya kepada penyewa, seperti laundry, kolam renang, atau layanan pembersih rumah, sudah tentu harga sewa yang dipatok bisa lebih tinggi dibandingkan pesaing Anda.

4. Buat Perjanjian Sewa Dengan Uang Deposit

Membuat perjanjian tentang uang deposit yang harus dibayar di muka diperlukan agar kita bisa menutupi kerusakan pada properti yang disebabkan oleh penyewa tanpa repot menagihnya kembali.

Uang deposit ini akan dikembalikan kepada penyewa pada akhir perjanjian jika memang penyewa mematuhi semua kewajiban dan tidak ada kerusakan pada properti kita. Sebaliknya kita dapat mengambil sebagian atau seluruh uang deposit jika terjadi kerusakan yang disebabkan penyewa dalam kurun waktu sewanya.

5. Masukan Properti Anda Ke Asuransi

Terkadang pemilik properti melupakan pentingnya sebuah asuransi untuk sebuah properti. Hal ini sangat penting Anda lakukan mengingat bencana atau musibah tidak akan datang dengan pemberitahuan sebelumnya. Sehingga membutuhkan kesiapan mental dan materi. Asuransikan properti Anda agar risiko-risiko seperti kerusakan karena kebakaran contohnya dapat kita antisipasi dan aset yang kita miliki masih dapat kita jaga.

Semoga Bermanfaat ya ……

Baca Juga : Apa Sih Keuntungan Memakai Jasa Agen Properti Saat Bertransaksi

Pos terkait

Intip Yuk Tips-tips Sebelum Membeli Dan Memasang Lampu Meja

Tips inilah yang perlu anda perhatikan sebelum membeli dan memasang lampu meja. Lampu meja ini...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Ini Dia Cara Membersihkan Lantai Agar Tetap Mengkilap

Menyapu atau mengepel lantai ubin merupakan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan oleh...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Kenali Yuk 5 Jenis Sertifikat Properti Yang Harus Anda Punya

Sertifikat Properti - Apabila Anda memiliki atau hendak membeli properti, kelengkapan dokumen...

lanjutkan membaca
oleh Astrid

Bergabunglah dengan Diskusi